Dunamis Logo

Best CEO Award

home > Events > Best CEO Award
|            2010           |           

BEST CEO Award

 

 

Survei The Best CEO Indonesia diselenggarakan majalah SWA berkolaborasi dengan IPSOS sebagai lembaga riset profesional dan independen dan Dunamis Organization Services sebagai konsultan kepemimpinan. Survei yang diselenggarakan sejak tahun 2003 digelar untuk memilih CEO terbaik di Indonesia yang dilihat dari dua parameter (CEO Index), yaitu: kepemimpinan dan komitmen karyawan.

 

Karyawan di perusahaan dimana CEO itu memimpin diminta menilai CEO-nya dengan berbagai pertanyaan. Tujuannya untuk mendapatkan angka indeks kepemimpinan dan komitmen karyawan (Employee Commitment Index) dari setiap CEO.

 

Mereka dipilih berdasarkan kualitas kepemimpinan CEO dilihat dari kemampuan CEO memerankan empat fungsi yang ada di The 4 Roles of Leadership: perintis, penyelaras, pemberdaya dan panutan.

 

 

Pada fungsi Perintis (Pathfinder) melihat bahwa CEO harus tahu kemana harus menuju dan dapat menuntun dalam perjalanannya. Sebagai pemimpin, ia berhasil membawa teamnya ke tempat yang dituju meski mereka pada awalnya menolak.

 

Fungsi Penyelaras (Alignment) melihat CEO haruslah mampu membuat sistem kerja yang baik sehingga perusahaan dapat berjalan ke arah yang benar sesuai tujuan yang hendak dicapai.

 

Fungsi Pemberdaya (Empower) memperlihatkan fungsi CEO yang harus mampu mendorong semua orang terlibat dalam perusahaan dengan sepenuh hati. Bekerja tidak hanya karena kewajiban namun bersedia memberikan yang terbaik tanpa paksaan siapapun.

 

Fungsi Panutan (Role Model) melihat bahwa CEO haruslah dapat dipercaya untuk diikuti.