Dunamis Logo

Best CEO Award 2010

home > Events > Award > Best CEO Award 2010
|            2010           |           

Hari Kamis tanggal 4 November 2010, Dunamis bersama Majalah Swa dan Synovate Indonesia kembali memilih CEO Terbaik Indonesia dalam program The Best CEO. Di tahun 2010 ini, tahun ke-7 penyelenggaraan, terpilih 26 kandidat dari berbagai perusahaan. Parameter yang digunakan adalah Fungsi Kepemimpinan dan Indeks Loyalitas Karyawan. Untuk Fungsi Kepemimpinan, metode yang digunakan adalah program Dunamis - 4 Roles of Leadership yang menilai para CEO dari 4 fungsi kepemimpinan yaitu : Perintis, Penyelaras, Pemberdaya dan Panutan.

 

Yang menarik, pada pemilihan The Best CEO 2010 ini ditambahkan 2 indikator untuk menilai para CEO yaitu Kepercayaan (Trust Qutient) dan Eksekusi (Execution Quotient). Kedua indikator ini ditambahkan untuk semakin mempertegas fungsi kepemimpinan sekaligus untuk melihat bagaimana kepercayaan dan eksekusi mempengaruhi fungsi kepemimpinan para CEO. Hal ini didasarkan pada hasil studi FranklinCovey dimana apabila Kepercayaan naik maka Speed akan naik serta Cost perusahaan-pun mengalami penurunan. Sementara dari indikator eksekusi, para CEO dinilai bagaimana mereka mendefinisikan tujuan-tujuan yang sangat penting (wildly important goals) serta bagaimana mengukur setiap upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

 

Selama 7 tahun penyelenggaraan The Best CEO, temuan menarik yang juga didapatkan dari survei ini adalah bila Fungsi Kepemimpinan naik maka Indeks Loyalitas Karyawan juga naik. Begitupun sebaliknya, bila Fungsi Kepemimpinan turun maka Indeks Loyalitas Karyawan juga mengalami penurunan. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa penilaian yang dilakukan dalam mencari CEO terbaik dengan penilaian dari fungsi kepemimpinan dan indeks loyalitas karyawan telah berada di jalur yang tepat dan dapat dipertanggungjawabkan.

 

10 besar The Best CEO 2010 adalah sebagai berikut: 

 

 

  1. Yuslam Fauzi - Bank Syariah Mandiri
  2. Agung Adiprasetyo - Kompas Gramedia
  3. Hasnul Suhaimi - XL Axiata
  4. Suhartono - FIF
  5. Drs. Eko Budiwiyono, MBA - Asuransi Jasindo
  6. Wishnutama - Trans TV
  7. Joko Mogoginta - Tiga Pilar Sejahtera Food
  8. Rinaldi Firmansyah, CFA - Telekomunikasi Indonesia
  9. Richard Budihadianto - GMF Aeroasia
  10. Rudi Borgenheimer - Mercedes-Benz Indonesia