Dunamis Logo

Indonesian MAKE Study 2014

home > Events > Award > Indonesian MAKE Study 2014
|            2017           |            2016           |            2015           |            2014           |            2013           |            2012           |            2011           |            2010           |            2009           |            2008           |            2007           |            2006           |            2005           |           

INDONESIAN MOST ADMIRED KNOWLEDGE ENTERPRISE (MAKE) STUDY

 

ASEAN Free Trade akan kita jelang di tahun 2015. Hal ini akan membawa perubahan besar bagi dunia bisnis Indonesia. Pemain-pemain asing akan masuk dengan membawa pengetahuan dan nilai organisasi yang unik.

Bagaimana organisasi menyiapkan diri dan mengubah permainan untuk menghadapi perubahan ini? Bagaimana merebut peluang untuk sukses? Bagaimana pengelolaan pengetahuan membantu kesuksesan Anda menghadapi ASEAN Free Trade?

Ikuti 2014 Indonesian Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) Study Award dan dapatkan sharing pengetahuan dari para pemenang MAKE Study Award di tingkat Asia. Siapkan diri dan organisasi Anda dalam menyambut era baru bisnis dengan pengelolaan pengetahuan. Jadilah pula saksi penganugerahan 2014 Indonesian MAKE Study Award bagi organisasi-organisasi yang paling dikagumi dalam pengelolaan pengetahuannya.

 

Suatu organisasi pasti memerlukan strategi baru dari waktu ke waktu, karena perubahan eksternal menuntut setiap organisasi untuk memikirkan berbagai upaya baru. Kini, dunia telah beralih dari Perekonomian Industrial ke Perekonomian Pengetahuan dimana pengetahuan menjadi sumber daya yang paling penting dan strategis, dan learning menjadi kemampuan paling penting dan strategis bagi organisasi.

Untuk mewujudkan sasaran perusahaan di tengah persaingan yang semakin ketat, organisasi harus mencari cara untuk mengelola pengetahuan yang dimilikinya. Terutama pengetahuan yang ada pada diri masing-masing individu anggotanya untuk menghasilkan produk/jasa/solusi yang berkualitas dan bersaing. Cara atau sistem dimaksud tidak lain adalah knowledge management yang juga mencakup masalah inovasi, collaboration, intellectual capital management, dan organizational learning.

Untuk mengembangkan kegiatan knowledge management di Indonesia dan turut melakukan upaya identifikasi atas organisasi berbasis pengetahuan serta memberi penghargaan dan pengakuan kepada mereka, Dunamis Organization Services bekerja sama dengan Teleos-Inggris, menyelenggarakan MAKE (Most Admired Knowledge Enterprise) pertama kali di Indonesia pada tahun 2005. Tujuan lain penyelenggaraan MAKE Indonesia adalah untuk mengukur tingkat komitmen dan kematangan organisas-organisasi yang berbasis pengetahuan.

Tiga pemenang Indonesian MAKE Study Award dengan nilai tertinggi secara otomatis menjadi finalis Asian MAKE Study.

 

2014 Indonesian MAKE Study Nomination "Change is Inevitable, Growth Is International" (klik link di bawah ini untuk mendapatkan materi):

1. Menjadi Organisasi Berbasis Pengetahuan Indonesia Yang Unggul di Era AFTA - Satyo Fatwan, Managing Partner, Dunamis Organization Services

2. Community of practices’ tool business process improvement. Partner, Dunamis Organization Services

 

Press release dari acara ini:

 

1. 2014 INDONESIAN MAKE STUDY  NOMINATION DAN KEMERIAHAN BERBAGI PENGALAMAN

2. CHANGES IS INEVITABLE | GROWTH IS INTENTIONAL

3. 17 ORGANISASI TERPILIH SEBAGAI FINALIS, 2014 INDONESIAN MOST ADMIRED KNOWLEDGE ENTERPRISE (MAKE) STUDY

 

 

TAHAP 2014 INDONESIAN MAKE STUDY

 

TAHAP NOMINASI


Nominasi perusahaan/organisasi (oleh Panelis dan Publik) : 10 Feb - 12 Maret
Event : Knowledge Sharing & MAKE Nomination : 12 Maret
Pemberitahuan kepada perusahaan/organisasi yang dinominasikan : 13 - 21 Maret
Nominees menyiapkan CKP : 24 Maret - 16 April
CKP diterima Dunamis : 17 – 18 April
Panelist Meeting : 23 April
 
TAHAP SELEKSI
Panelis menyeleksi 5 organisasi untuk menjadi calon finalis : 23 April – 9 Mei
(organisasi yang memperoleh suara sedikitnya 10% suara panelis berhak menjadi finalis)
Pengumuman kepada peserta dan panelis tentang finalis : 12 - 14 Mei
        
TAHAP PENILAIAN
Finalis menyiapkan evidence : 14 Mei - 6 Juni
Bukti (evidence) diterima Dunamis : 9 - 10 Juni
Panelis review bukti dan memberi nilai : 13 Juni - 4 Juli
Event: MAKE Finalist Presentation : 25 - 26 Juni
Verifikasi & Employee Survey : 30 Juni  – 4 Juli
Pengiriman skor kepada Dunamis : 29 Juni - 4 Juli
 
PENGANUGERAHAN MAKE AWAD : 16 Juli

 

2014 INDONESIAN MAKE STUDY AWARD - 16 July 2014

 

"Selama 10 (sepuluh) tahun penyelenggaran Indonesian MAKE Study, berbagai organisasi dari berbagai sektor industri berhasil terpilih sebagai pemenang Indonesian MAKE Study Award. Yang lebih membanggakan wakil Indonesia dalam ajang Asian MAKE Study hampir selalu menjadi pemenang,"demikian diungkapkan Robby Susatyo - Chairman 2014 Indonesian MAKE Study. Pengumuman pemenang 2014 Asian MAKE Study akan dilaksanakan bulan Oktober 2014 di Seoul, Korea Selatan dalam ajang tahunan bertajuk World Knowledge Forum.

Inilah pemenang lengkap 2014 Indonesian MAKE Study - organisasi berbasis pengetahuan paling dikagumi di Indonesia secara alfabetis:

1.PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk
2.PT Astra Honda Motor
3.PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
4.Binus University
5.PT Pertamina (Persero)
6.PT Rekayasa Industri
7.PT Telekomunikasi Indonesia Tbk
8.PT Tigaraksa Satria Tbk
9.PT United Tractors Tbk


Selain itu, 3 (tiga) organisasi yang berdasarkan temuan verifikasi Dunamis memiliki inisiatif pengelolaan pengetahuan yang menonjol serta mengagumkan berhasil mendapatkan penghargaan khusus atau Special Recognition. Ke-tiga organisasi tersebut adalah:

1.PT Bank Syariah Mandiri - Special Recognition for admirable consistency in improving KM implementation
2.PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk - Special Recognition for system in managing intellectual capital
3.PT GMF Aero Asia - Special Recognition for admirable results through collaborative execution

"Para pemenang MAKE Study tahun 2014 ini merupakan organisasi-organisasi yang membuktikan diri sebagai knowledge-based organization dan telah berhasil mengembangkan dan mengoptimalkan knowledge yang mereka miliki sehingga mampu meningkatkan kinerja dan nilai perusahaan" demikian diungkapkan oleh Robby Susatyo - Chairman 2014 Indonesian MAKE Study.


Informasi selanjutnya hubungi:

2013 Indonesian MAKE Study  c/o Dunamis Consulting

Jl. Bendungan Jatiluhur no. 56 Jakarta 10210

Tel. 021 - 5720761  Fax. 021-5720762