Dunamis Logo

Indonesian MAKE Study 2015

home > Events > Award > Indonesian MAKE Study 2015
|            2017           |            2016           |            2015           |            2014           |            2013           |            2012           |            2011           |            2010           |            2009           |            2008           |            2007           |            2006           |            2005           |           

NDONESIAN MOST ADMIRED KNOWLEDGE ENTERPRISE (MAKE) STUDY

 

Suatu organisasi pasti memerlukan strategi baru dari waktu ke waktu, karena perubahan eksternal menuntut setiap organisasi untuk memikirkan berbagai upaya baru. Kini, dunia telah beralih dari Perekonomian Industrial ke Perekonomian Pengetahuan dimana pengetahuan menjadi sumber daya yang paling penting dan strategis, dan learning menjadi kemampuan paling penting dan strategis bagi organisasi.

Untuk mewujudkan sasaran perusahaan di tengah persaingan yang semakin ketat, organisasi harus mencari cara untuk mengelola pengetahuan yang dimilikinya. Terutama pengetahuan yang ada pada diri masing-masing individu anggotanya untuk menghasilkan produk/jasa/solusi yang berkualitas dan bersaing. Cara atau sistem dimaksud tidak lain adalah knowledge management yang juga mencakup masalah inovasi, collaboration, intellectual capital management, dan organizational learning.

Untuk mengembangkan kegiatan knowledge management di Indonesia dan turut melakukan upaya identifikasi atas organisasi berbasis pengetahuan serta memberi penghargaan dan pengakuan kepada mereka, Dunamis Organizational Alignment bekerja sama dengan Teleos-Inggris, menyelenggarakan MAKE (Most Admired Knowledge Enterprise) pertama kali di Indonesia pada tahun 2005. Tujuan lain penyelenggaraan MAKE Indonesia adalah untuk mengukur tingkat komitmen dan kematangan organisas-organisasi yang berbasis pengetahuan.

Tiga pemenang Indonesian MAKE Study Award dengan nilai tertinggi secara otomatis menjadi finalis Asian MAKE Study.


TAHAP NOMINASI


Nominasi perusahaan/organisasi (oleh Panelis dan Publik) : 9 Feb - 3 Maret
Event : Knowledge Sharing & MAKE Nomination : 3 Maret
Pemberitahuan kepada perusahaan/organisasi yang dinominasikan : 9 - 11 Maret
Nominees menyiapkan CKP : 12 Maret - 2 April
Sosialisasi MAKE Study kepada organisasi baru :18 Maret
CKP diterima Dunamis : 6 - 8 April
Panelist Meeting : 15 April
 
TAHAP SELEKSI
Panelis menyeleksi 5 organisasi untuk menjadi calon finalis : 15 April - 1 Mei
(organisasi yang memperoleh suara sedikitnya 10% suara panelis berhak menjadi finalis)
Pengumuman kepada peserta dan panelis tentang finalis : 7 - 8 Mei
        
TAHAP PENILAIAN
Finalis menyiapkan evidence  : 8 - 29  Mei
ukti (evidence) diterima Dunamis : 1 - 3 Juni
Panelis review bukti dan memberi nilai : 8 - 27 Juni
Event: MAKE Finalist Presentation : 11 - 12 Juni
Verifikasi & Employee Survey : 15 - 19 Juni
Pengiriman skor kepada Dunamis : 29 Juni - 6 Juli
 
PENGANUGERAHAN MAKE AWARD : 13 Agustus

 

Dunia bisnis Indonesia telah memasuki babak baru. Konsep Ekonomi Kreatif terus bergaung dan mendapat banyak perhatian karena mampu memberikan kontribusi nyata terhadap perekonomian serta dapat meningkatkan daya saing produk nasional di pasar global. Ekonomi Kreatif mengintensifkan informasi dan kreativitas dalam kegiatan ekonominya dengan mengandalkan ide dan knowledge yang dimiliki oleh sumber daya manusia di organisasi.

Bagaimana organisasi menyiapkan diri sehingga mampu memenangkan persaingan di tengah kompetisi di era ekonomi kreatif? Bagaimana memaksimalkan pengetahuan yang dimiliki organisasi agar kita tidak tersingkir? Bagaimana organisasi menyikapi perkembangan ini?

Ikuti 2015 Indonesian Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) Study Award dan dapatkan sharing pengetahuan dari organisasi-organisasi yang telah berhasil mengadaptasi konsep ekonomi kreatif. Siapkan diri dan organisasi Anda dalam menyambut era baru bisnis dengan pengelolaan pengetahuan. Jadilah pula saksi penganugerahan 2015 Indonesian MAKE Study Award bagi organisasi-organisasi yang paling dikagumi dalam pengelolaan pengetahuannya.