Dunamis Logo

Indonesian MAKE Study 2016

home > Events > Award > Indonesian MAKE Study 2016
|            2017           |            2016           |            2015           |            2014           |            2013           |            2012           |            2011           |            2010           |            2009           |            2008           |            2007           |            2006           |            2005           |           

NDONESIAN MOST ADMIRED KNOWLEDGE ENTERPRISE (MAKE) STUDY

 

Suatu organisasi pasti memerlukan strategi baru dari waktu ke waktu, karena perubahan eksternal menuntut setiap organisasi untuk memikirkan berbagai upaya baru. Kini, dunia telah beralih dari Perekonomian Industrial ke Perekonomian Pengetahuan dimana pengetahuan menjadi sumber daya yang paling penting dan strategis, dan learning menjadi kemampuan paling penting dan strategis bagi organisasi.

Untuk mewujudkan sasaran perusahaan di tengah persaingan yang semakin ketat, organisasi harus mencari cara untuk mengelola pengetahuan yang dimilikinya. Terutama pengetahuan yang ada pada diri masing-masing individu anggotanya untuk menghasilkan produk/jasa/solusi yang berkualitas dan bersaing. Cara atau sistem dimaksud tidak lain adalah knowledge management yang juga mencakup masalah inovasi, collaboration, intellectual capital management, dan organizational learning.

Untuk mengembangkan kegiatan knowledge management di Indonesia dan turut melakukan upaya identifikasi atas organisasi berbasis pengetahuan serta memberi penghargaan dan pengakuan kepada mereka, Dunamis Organization Services bekerja sama dengan Teleos-Inggris, menyelenggarakan MAKE (Most Admired Knowledge Enterprise) pertama kali di Indonesia pada tahun 2005. Tujuan lain penyelenggaraan MAKE Indonesia adalah untuk mengukur tingkat komitmen dan kematangan organisasi-organisasi yang berbasis pengetahuan.

Tiga pemenang Indonesian MAKE Study Award dengan nilai tertinggi secara otomatis menjadi finalis Asian MAKE Study.

 

TAHAP NOMINASI
Nominasi perusahaan/organisasi (oleh Panelis dan Publik) : 14 Maret - 6 April
Event : Knowledge Sharing & MAKE Nomination : 6 April
Pemberitahuan kepada perusahaan/organisasi yang dinominasikan : 7 - 8 April
Nominees menyiapkan CKP : 11 April - 11 Mei
Sosialisasi MAKE Study kepada organisasi baru : 12 April
CKP diterima Dunamis : 12 - 13 Mei
Panelist Meeting : 19 Mei
 
TAHAP SELEKSI
Panelis menyeleksi 5 organisasi untuk menjadi calon finalis : 19 Mei - 2 Juni
(organisasi yang memperoleh suara sedikitnya 10% suara panelis berhak menjadi finalis)
Pengumuman kepada peserta dan panelis tentang finalis : 6 - 8 Juni
 
TAHAP PENILAIAN

Finalis menyiapkan evidence : 9 Juni - 1 Juli
Bukti (evidence) diterima Dunamis : 11 - 13 Juli
Panelis review bukti dan memberi nilai : 18 Juli - 3 Agustus
Event: MAKE Finalist Presentation : 21 - 22 Juli
Verifikasi & Employee Survey : 25 - 29 Juli
Pengiriman skor kepada Dunamis : 4 - 5 Agustus
 
PENGANUGERAHAN MAKE AWARD : 14 September 2016



KM AT THE CROSSROAD (2016 Indonesian MAKE Nomination)


A Reflection on Implementation

Apakah manfaat KM (knowledge management) bagi organisasi? Apakah ini hanya sekedar trend saja? Dapatkah ini diimplementasikan hingga berhasil di organisasi?

Melakukan implementasi KM seperti menanam bunga. Tak sekedar dibiarkan tumbuh begitu saja namun perlu diberi pupuk, disiram secara rutin sehingga terus tumbuh dan berbunga. KM harus menjadi bagian dari sistem, proses dan strategi organisasi agar dapat memberikan dampak maksimal.

Di tahun ke-12 penyelenggaraan Indonesian MAKE Study, dalam sesi Nominasi kali ini, Dunamis  Organizational Alignment mengajak Anda untuk membahas hasil dan manfaat yang dirasakan oleh berbagai organisasi yang berhasil mengelola pengetahuannya. Diskusi ini akan dilakukan bersama para pemenang Indonesian MAKE Study Award.

Jangan lewatkan pula kesempatan untuk  menominasikan organisasi pilihan Anda dalam 2016 Indonesian MAKE Study.

 

Materi MAKE Nomination dapat diunduh di : http://dunamis.co.id/file/Materi_2016_Indonesian_MAKE_Study_Nomination_06042016.pdf

 

Finalis 2016 Indonesian MAKE Study

 

1. Adira Dinamika Multi Finance

2. BFI Finance

3. BINUS University

4. Dompet Dhuafa

5. FIF Group

6. Pembangkitan Jawa Bali

7. Petrokimia Gresik

8. Pupuk Kalimantan Timur

9. Rekayasa Industri

10.Tigaraksa Satria

11.Tower Bersama Infrastructure

12.United Tractors 

 

Organisasi-organisasi yang terpilih sebagai finalis ini akan segera memasuki tahapan penilaian dimana mereka harus mengirimkan evidence-evidence terkait kegiatan knowledge management yang telah mereka lakukan dan sampaikan dalam CKP (company knowledge profile).  Selanjutnya, mereka akan melakukan presentasi di depan panel juri pada 21-22 Juli 2016 di Jakarta dan dilakukan secara terbuka.

Mereka akan mempresentasikan pengelolaan pengetahuan yang telah mereka lakukan selama ini.

 

Acara puncak penghargaan 2016 Indonesian MAKE Study Award akan diselenggarakan pada 14 September 2016. 


PENGANUGRAHAN MAKE AWARD 2016 : 14 SEPTEMBER 2016

 

Binus University, United Tractor dan Rekayasa Industri  tahun 2016 ini terpilih untuk maju mewakili Indonesia dalam ajang Asian Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) Awar.  Penghargaan ini adalah ajang paling bergengsi di bidang knowledge management (KM). Tiga organisasi ini memperoleh nilai agregat tertinggi dibandingkan dengan pemenang Indonesian Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) Award sehingga mereka berhak mendapat tiket langsung menjadi finalis tingkat Asia. Di Financial Hall, Gedung Graha CIMB Niaga, Jakarta, 14 September 2016, sebanyak sembilan organisasi mendapat penghargaan Indonesian Most Admired Knowledge Award yang diselenggarakan oleh Dunamis Organizational Alignment bekerjasama dengan Teleos Inggris. 

 

Pemenang lengkap 2016 Indonesian MAKE Study Award (berdasarkan abjad) adalah sebagai berikut:

1. Adira Dinamika Multi Finance

2. Binus University

3. FIF Group

4. Pembangkitan Jawa Bali

5. Petrokimia Gresik

6. Rekayasa Industri

7. Tigaraksa Satria

8. Tower Bersama Group

9. United Tractors

 

Sejak MAKE Award mulai diselenggarakan di Indonesia, antusias peserta terus bertambah dan bisa menjadi barometer perkembangan Knowledge Management di Indonesia. Maka, pada tahun ini, selain penghargaan utama juga terpilih lima organisasi mendapatkan anugerah special recognition, yakni :

 

1. Binus University

2. Pupuk Kaltim

3. Tower Bersama Group 

4. Pembangkitan Jawa Bali 

5. Dompet Dhuafa. 

 

Lima perusahaan ini menunjukkan peningkatan dalam pengelolaan pengetahuan mereka. 

 

Press release dari acara ini: