Dunamis Logo
home > knowledge-center > press release > PENGHARGAAN BAGI ORGANISASI BERBASIS PENGETAHUAN PALING DIKAGUMI DI INDONESIA DIUMUMKAN HARI INI

PENGHARGAAN BAGI ORGANISASI BERBASIS PENGETAHUAN PALING DIKAGUMI DI INDONESIA DIUMUMKAN HARI INI

Tuesday, 15 July 2008

 

article photo

Oleh : Asri Larasati, Corporate Communication Dunamis Organization services


Tuesday, 15 July 2008 -

PENGHARGAAN BAGI ORGANISASI BERBASIS PENGETAHUAN PALING DIKAGUMI DI INDONESIA DIUMUMKAN HARI INI

- 2008 INDONESIAN MOST ADMIRED KNOWLEDGE ENTERPRISE (MAKE) STUDY

Jakarta, 15 Juli 2008 - Setelah melewati tahap nominasi dan seleksi sejak bulan Februari 2008, 18 organisasi berhasil terpilih sebagai finalis 2008 Indonesian Most Admired Knowledge Enterpise (MAKE) Study - studi tentang organisasi berbasis pengetahuan yang paling dikagumi di Indonesia. Ke-18 perusahaan tersebut (berdasarkan abjad) adalah:

1. Astra International

2. BCA

3. Binus University

4. BPKP

5. FIF (Federal International Finance)

6. IBM Indonesia

7. Indonesia Power

8. ITB

9. Lowe Indonesia

10. Medco Energi Internasional

11. Pembangkitan Jawa Bali (PJB)

12. PLN

13. Rekind (Rekayasa Industri)

14. Telkom Indonesia

15. TNT Express Indonesia

16. United Tractors

17. WIKA

18. XL

Proses 2008 Indonesian MAKE Study dimulai oleh Dunamis Organization Services pada bulan Februari 2008 dengan Tahap Nominasi. Dalam tahap ini, sebanyak 94 organisasi terpilih sebagai nominee. Di tahap selanjutnya yaitu Tahap Seleksi, 33 orang panelis berpartisipasi memilih nominee yang mereka kagumi. Pada tahap ini terpilih 46 nominee. Para panelis yang menyeleksi terdiri dari para pemimpin organisasi yang masuk dalam nominasi serta para pemerhati knowledge management. Dari 46 nominee terpilih itu, 18 organisasi di antaranya dipilih oleh sedikitnya 10% dari participating panelists, sehingga memenuhi syarat sebagai finalis 2008 Indonesian MAKE Study.

Hari ini, 15 Juli 2008, dalam acara bertajuk "Celebrating KM in Indonesia - 2008 Indonesian MAKE Award" akan diumumkan hasil lengkap siapa yang terpilih menjadi pemenang 2008 Indonesia MAKE Study dan berhak mewakili Indonesia dalam ajang 2008 Asian MAKE.

Dalam acara hari ini, akan hadir para pembicara-pembicara berkelas internasional untuk berbagi knowledge kepada para peserta. Para pembicara tersebut adalah David Gurteen - KM Speaker & Facilitator - Gurteen Knowledge London, Djatnika Puradinata - President Director Medco Downstream Indonesia, Agung Adiprasetyo - CEO KompasGramedia dan Andiral Purnomo - KM Expert dari Dunamis Organization Services. Akan hadir pula, Menteri Negara Riset dan Teknologi, Kusmayanto Kadiman.

Chairman 2008 Indonesian MAKE Study, Nugroho Supangat menyebutkan, " dengan knowledge management, organisasi dapat memproses penciptaan pengetahuan dan mengintegrasikannya dalam proses/organisasi sehari-hari guna menjadi organisasi yang berkelas dunia."

Manfaat adanya MAKE bagi organisasi-organisasi adalah mereka mampu melakukan benchmark seberapa sukses mereka dalam hal knowledge strategy jika dibandingkan dengan para pesaingnya atau perusahaan-perusahaan dunia yang knowledge-driven. MAKE mendorong para pemimpin organisasi bisnis dan organisasi nirlaba dalam hal menciptakan intellectual capital dan kekayaan pemegang saham atau kemaslahatan pihak-pihak berkepentingan (stakeholders).

-------------------oOo---------------------

Catatan:

Dunamis Organization Services adalah firma jasa professional di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1991. Dunamis berfokus kepada Leadership Development, Organizational Alignment dan Knowledge Management. Dunamis Organization Services merupakan mitra berlisensi dari FranklinCovey di Indonesia yang melayani organisasi-organisasi terkemuka dari berbagai industri di Tanah Air.

MAKE (Most Admired Knowledge Enterprise) Study pertama kali diadakan pada tahun 1998 oleh Teleos yang bekerjasama dengan KNOW Network. Teleos adalah sebuah badan penelitian mandiri di bidang knowledge management dan intellectual capital. The KNOW Network adalah sebuah komunitas organisasi seluruh dunia berbasis internet yang berdedikasi menggapai kinerja superior melalui benchmarking, networking dan best practice knowledge sharing. Benchmarking dapat dilakukan dengan antara lain bercermin pada Pemenang the Most Admired Knowledge Enterprises (MAKE).

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi,

Asri L Suryajaya
Corporate Communications Dunamis Organization Services
Gedung GKBI Suite 503 - Jl Jend Sudirman 28 Jakarta
Telp 021 - 5790 1420
asri@dunamis.co.id