Dunamis Logo
home > knowledge-center > press release > DUNAMIS TUTUP 2013 INDONESIAN MAKE STUDY DENGAN PELUNCURAN BUKU "SUCCESSFUL IMPLEMENTATION OF KM IN INDONESIA"

DUNAMIS TUTUP 2013 INDONESIAN MAKE STUDY DENGAN PELUNCURAN BUKU "SUCCESSFUL IMPLEMENTATION OF KM IN INDONESIA"

Wednesday, 24 July 2013

 

article photo

Oleh : Asri Larasati Suryajaya, Corporate Communications Dunamis Organization Services


Jakarta, 24 Juli 2013-Perjalanan Indonesian MAKE (Most Admired Knowledge Enterprise) Study-studi yang mengidentifikasi organisasi berbasis pengetahuan di Indonesia, di tahun 2013 ditutup hari ini, 24 Juli 2013. Rangkaian studi yang telah dilakukan sejak bulan Maret 2013 dengan proses nominasi akan diakhiri dengan penyerahan penghargaan 2013 Indonesian MAKE Study Award. "Pelaksanaan studi kali ini terasa berbeda dan membanggakan karena kami juga akan meluncurkan buku pembelajaran mengenai KM yaitu buku ”Successful Implementation of KM in Indonesia", demikian diungkapkan Satyo Fatwan-Managing Partner Dunamis Organization Services.

Sebelumnya di tahun 2009, Dunamis telah meluncurkan pula buku bertajuk "Indonesian MAKE Study & Lesson Learned from the Winners" yang menuai sukses di pasaran dan menjadi panduan bagi penerapan KM di organisasi dan bahkan menjadi salah satu buku wajib pada program MBA di berbagai sekolah bisnis di Indonesia. Buku ini berisi pembelajaran dari 18 organisasi pemenang Indonesian MAKE Study sepanjang tahun 2005-2008.

Buku "Successful Implementation of KM in Indonesia" berisi pembelajaran yang kami dapatkan mengenai bagaimana organisasi-organisasi di Indonesia menerapkan KM dalam upayanya menjadi knowledge-based enterprise. Berbagai inisiatif-inisiatif KM yang menarik dan penuh inovasi dari 20 organisasi yang menjadi finalis dan pemenang Indonesian MAKE Study kami

hadirkan dalam buku ini.Tak lupa kami tampilkan pula wawancara eksklusif dengan para eksekutif organisasi untuk melihat bagaimana dukungan mereka terhadap kesuksesan pengelolaan pengetahuan di organisasi tersebut, ”Satyo menambahkan.

20 (dua puluh) organisasi ini dipilih secara selektif berdasarkan upaya, inisiatif serta prestasi yang diperoleh dari penerapan KM dalam organisasinya. Ke-20 (dua puluh) organisasi tersebut berdasarkan abjad adalah:

1. Anugrah Argon Medica
2. Bank Mandiri
3. Bank Syariah Mandiri
4. Bank CIMB Niaga
5. Binus University
6. Daya Adicipta Mustika
7. Federal International Finance
8. GMF AeroAsia
9. MedcoEnergi Internasional
10.Pembangkitan Jawa Bali
11.Pertamina
12.Perusahaan Listrik Negara
13.Sinar Mas Argo Resources & Technologies
14.TELKOM Indonesia
15.Tigaraksa Satria
16.Toyota Astra Motor
17.Unilever Indonesia
18.United Tractors
19.Wijaya Karya
20. XL Axiata

Acara puncak penghargaan 2013 Indonesian MAKE Study dilakukan hari ini, Rabu, 24 Juli 2013 bertempat di Ballroom 3 Hotel Ritz Carlton Pacific Place Jakarta. Acara yang dikemas dalam bentuk half-day knowledge event bertajuk "2013 Indonesian MAKE Study Award” ini mengambil tema "Value Creation through Intergrated Knowledge Management". Acara dimulai pada pukul 1 siang dan ditutup dengan buka puasa bersama.

Pembicara-pembicara dari berbagai organisasi yang memiliki pengelolaan pengetahuan mumpuni direncanakan hadir dalam event ini. Diantaranya Director Toyota Astra Motor, Samuel Manasseh yang akan berbagi kesuksesan pengelolaan pengetahuan di Toyota Astar Motor. Toyota Astra Motor

merupakan salah satu pemenang 2012 Indonesian MAKE Study Award. Tak hanya berjaya di ajang studi lokal, Toyota juga berhasil menjadi pemenang di tingkat Asia yaitu pada 2012 Asian MAKE Study serta di tingkat global yaitu dalam 2012 Global IOU (Independent Operating Unit) MAKE Study.

5 eksekutif yang dimuat dalam buku "Successful Implementation of KM in Indonesia" akan hadir pula untuk berbagi wisdom mengenai pengelolaan pengetahuan di organisasi mereka. Mereka adalah:

1.Budi G. Sadikin - Direktur Utama Bank Mandiri
2.Setijo Awibowo - EVP Corporate Strategy & Development GMF AeroAsia
3.Nur Pamudji - Direktur Utama PLN
4.Arief Yahya - Direktur Utama Telkom Indonesia
5.Hasnul Suhaimi - Presiden Direktur XL Axiata

Acara akan dibawakan oleh moderator JB Soesetijo dan Satyo Fatwan. "Diskusi panel ini akan berjalan interaktif dan mengungkap bagaimana para eksekutif ini berkomitmen dalam pengelolaan pengetahuan pengetahuan bagi kemaslahatan organisasi,"ungkap Satyo. Puncak acara ditutup dengan penyerahan penghargaan kepada pemenang 2013 Indonesian MAKE Study Award.

------------------oOo---------------------

Catatan:
MAKE (Most Admired Knowledge Enterprise) Study pertama kali diadakan adalah pada tahun 1998 oleh Teleos yang bekerjasama dengan KNOW Network. Teleos adalah sebuah badan penelitian mandiri di bidang knowledge management dan intellectual capital. Indonesian Most Admired Knowledge Enterpise (MAKE) Study merupakan studi tentang perusahaan berbasis pengetahuan yang paling dikagumi di Indonesia dan diselenggarakan oleh Dunamis Organization Services sejak tahun 2005. 3 (tiga) pemenang Indonesian MAKE dengan nilai agregat tertinggi akan mewakili Indonesia dalam ajang Asian MAKE.

Tentang Dunamis Organization Services:
Berdiri sejak tahun 1991, Dunamis Organization Services merupakan penyedia jasa professional dengan misi "greatness in people and organizations everywhere". Sejak 1992, Dunamis Organization Services menjadi mitra berlisensi dari Franklin Covey Co. (NYSE:FC), sebuah organisasi global yang memberikan jasa pelatihan dan konsultasi yang berada di 147 negara.

Franklin Covey Co. yang masuk dalam Top 20 Leadership Training Company oleh TrainingIndustry.com memiliki solusi Leadership Development, The 7 Habits, Strategy Execution dan Productivity. Portofolio klien Franklin Covey Co. mencakup 90 dari 100 perusahaan terdaftar dalam Fortune 100, lebih dari 75% perusahaan yang terdaftar dalam Fortune 500, ribuan perusahaan kecil dan menengah, serta lembaga pemerintahan.


Mulai tahun 2012, Dunamis Organization Services juga menjadi mitra berlisensi dari Vital Smarts yang berfokus pada high-leverage skills untuk meningkatkan kinerja organisasi. Solusi dari Vital Smarts meliputi Crucial Conversations, Influencer, Crucial Confrontations dan Change Anything.

Di Indonesia, klien-klien Dunamsi Organization Services meliputi berbagai sektor industry berskala multinasional, nasional hingga pemerintahan. Solusi-solusi Dunamis Organization Services meliputi Leadership & Trust, Sales & Productivity, Execution, Vital Smarts Solutions, Organizational Consulting (Knowledge Management, Corporate Culture, Research), Human Capital System dan Education.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Dunamis Organization Services dan Indonesian MAKE Study, silakan hubungi:

Asri Larasati Suryajaya
Corporate Communications
Dunamis Organization Services
T: 572 0761
Hp: 0812 814 6051
F: 572 0762
E: asri@dunamis.co.id
www.dunamis.co.id