Dunamis Logo
home > knowledge-center > press release > Survei: Capres dan Realisasi

Survei: Capres dan Realisasi

Tuesday, 8 July 2014

 

article photo

Oleh : Asri Larasati, Corporate Communications


Survei: Capres dan Realisasi

Jakarta, 8 Juli 2014 - Joko Widodo dan Prabowo Subianto terbukti bisa menyampaikan apa yang menjadi program utama mereka ke khalayak ramai. Prabowo menonjol dengan misi untuk membuat Indonesia yang berdikari. Joko Widodo alias Jokowi diingat dengan program kartu sehatnya. Hal ini terkuak dalam riset yang dilakukan oleh Dunamis Organization Services pada rentang 13-24 Juni 2014 dengan menggunakan online survey. Survei ini bertujuan untuk melihat pendapat responden terhadap kemampuan dua calon presiden dalam melaksanakan apa yang mereka janjikan. Survei menggunakan acuan xQ (execution quotient) sebuah tools dari FranklinCovey yang mengukur kemampuan eksekusi perorangan maupun organisasi.

Pemimpin sejati tidak hanya dituntut untuk pandai memaparkan rencana. Dia juga harus bisa merealisasikan rencana itu dan mendapatkan kepercayaan untuk melaksanakannya tepat waktu. Oleh karena itu, Dunamis mencoba membuat peta kepercayaan masyarakat terhadap apa saja yang selama ini dipaparkan oleh kedua calon presiden itu.

Sebanyak 71% responden mengaku mengetahui apa yang menjadi program utama dari Prabowo Subianto - Hatta Rajasa. Selebihnya (29%) mengaku tidak tahu apa program utamanya. Joko Widodo - Jusuf Kalla meraih angka lebih tinggi untuk awareness program mereka, yakni 88% responden mengaku tahu apa yang menjadi program utama pasangan calon presiden-wakil presiden itu.

Para responden ternyata dimudahkan untuk mengingat program yang lebih spesifik. Hal ini terlihat dari para responden yang mengaku mengetahui program utama Jokowi. Mereka menempatkan Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar dalam urutan teratas. Program utama Prabowo yang banyak diingat adalah kemandirian Indonesia.
Bagaimana pendapat responden terhadap kemampuan dua calon presiden itu untuk menjalankan program-programnya? Prabowo mendapat skor 5,45 dan Jokowi meraih 6,43 dari skala 0-10.

Apabila benar diberi mandat, mampukah mereka menyelesaikan program itu tepat waktu? Dari penilaian publik, Prabowo meraih skor 4,57 sementara Jokowi 5,72.
Manakala responden dihadapkan pada misi utamanya, manakah calon presiden yang lebih memungkinkan untuk terealisasi, Prabowo memang kalah skor tapi tidak terpaut jauh. Prabowo meraih 46% dan Jokowi mendapat 51%. Sebanyak 3% responden menilai semua misi utama itu realistis.

Hal ini bisa jadi berhubungan dengan dukungan bagi dua calon. Sebanyak 43% responden percaya Prabowo didukung oleh tim pendukung yang tepat untuk menjalankan misi utamanya. Sedangkan Joko Widodo meraih 52% responden. Sebanyak 2% responden melihat dua responden memiliki tim pendukung yang tepat.
Siapapun yang terpilih sebagai pemimpin bangsa ini di periode 2014-2019, kita harapkan mereka mampu mengeksekusi dan merealisasikan janji-janji yang telah mereka ucapkan.

-------------------oOo---------------------

Tentang Dunamis Organization Services:

Berdiri sejak tahun 1991, Dunamis Organization Services merupakan penyedia jasa professional dengan misi "enable greatness in people and organizations everywhere". Sejak 1992, Dunamis Organization Services menjadi mitra berlisensi dari Franklin Covey Co. (NYSE:FC), sebuah organisasi global yang memberikan jasa pelatihan dan konsultasi yang berada di 147 negara.

Mulai tahun 2012, Dunamis Organization Services juga menjadi mitra berlisensi dari Vital Smarts yang berfokus pada high-leverage skills untuk meningkatkan kinerja organisasi.

Di Indonesia, klien-klien Dunamis Organization Services meliputi berbagai sektor industri berskala multinasional, nasional hingga pemerintahan. Solusi-solusi Dunamis Organization Services meliputi Leadership & Trust, Productivity & Sales Performance, Execution, VitalSmarts Skills, Organizational Alignment (Knowledge Management, Corporate Culture, Research), Human Capital System dan Education.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Dunamis Organization Services, silakan hubungi:
Asri Larasati Suryajaya
Corporate Communications
Dunamis Organization Services
T: 572 0761
Hp: 0812 814 6051
F: 572 0762
E: asri@dunamis.co.id
www.dunamis.co.id