Dunamis Logo
home > knowledge-center > press release > 2014 INDONESIAN MAKE STUDY NOMINATION DAN KEMERIAHAN BERBAGI PENGALAMAN

2014 INDONESIAN MAKE STUDY NOMINATION DAN KEMERIAHAN BERBAGI PENGALAMAN

Wednesday, 12 March 2014

 

article photo

Oleh : Asri Larasati, Corporate Communications


Jakarta, 13 Maret 2014 - Acara 2014 Indonesian MAKE Study Nomination berlangsung meriah dengan presentasi dan berbagai pendapat soal penerapan Knowledge Management (KM). Di Financial Hall, Graha Niaga, Jakarta, 12 Maret 2014, beberapa perusahaan saling berbagi bagaimana mereka menerapkan Knowledge Management. Meskipun beberapa perusahaan itu menggunakan istilah yang berbeda satu sama lain, akan tetapi mereka berada di lini pemikiran yang sama: pengetahuan adalah salah satu aset yang paling berharga.

Penerapan Knowledge Management di Indonesia menjadi salah satu kunci bagi organisasi untuk tetap bertahan. "Ajang ini bisa menjadi benchmark bagi berbagai organisasi dalam menerapkan Knowledge Management di Indonesia," kata Chairman Indonesian MAKE Study Robby Susatyo.

Indonesian MAKE Study kali ini telah memasuki tahun ke-10 yang telah diadakan oleh Dunamis Organization Services. "Berbagai perusahaan di Indonesia telah melihat manfaat dari penerapan Knowledge Management. Tahun ini, kita fokus terhadap bagaimana mereka menghadapi AFTA ," kata Robby. Lebih lanjut ia mengungkapkan, "mungkin hanya top of the top yang telah siap. Sisanya masih menjadi tanda tanya besar."

Pengetahuan yang tidak ketinggalan zaman
Beberapa data yang berhasil diperoleh Dunamis menunjukkan, organisasi-organisasi yang menjadi nominator dalam tahun-tahun sebelumnya menunjukkan peningkatan kinerja. Alur pengetahuan, yang menjadi aset berharga bagi organisasi, memberikan stimulus positif dalam organisasi.

Ide-ide kreatif pun banyak bermunculan dari bawah ke atas (bottom up). Derasnya ide-ide kreatif dari karyawan itu menjadikan perusahaan tidak perlu takut untuk ketinggalan zaman. "Sekarang ini, ilmu pengetahuan tidak bisa berumur lama, paling tidak satu setengah tahun sudah harus di-update lagi ilmunya," kata Satyo Fatwan, Managing Partner Dunamis Organization Services.


BUMN dan KM

Selain swasta, beberapa perusahaan di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menerapkan Knowledge Management dengan baik. Hal ini terlihat nyata dalam acara nominasi kali ini. PT Telkom, Angkasa Pura, Bank Negara Indonesia, dan Perusahaan Jawa-Bali (anak perusahaan PLN) menggunakan KM sebagai andalan dalam menggerakkan perusahaan mereka.

Daan Achmad, Direktur SDM Angkasa Pura I, mengaku bahwa pengelolaan pengetahuan dalam perusahaan menjadi keharusan di era tanpa batas (borderless) seperti sekarang ini. "Angkasa Pura I sudah sejak lama menggunakan paradigma bahwa tidak ada batas yang jelas lagi," kata Daan yang menjadi salah satu pembicara. Dengan penerapan KM yang selama ini dijalankan, tidak ada kekhawatiran yang mendalam menghadapi era perdagangan bebas AFTA yang akan mulai diterapkan tahun 2015 mendatang.

AFTA, sebuah ancaman?

Demikian juga yang disampaikan Hotasi Nababan. Presiden Direktur CAS Dirgantara ini juga tidak lagi melihat AFTA sebagai ancaman besar bagi perusahaan-perusahaan yang sudah mapan dalam menerapkan KM. Dalam pengelolaan sumber daya manusia, kita memang harus sesekali melihat langsung dan mencari tahu bagaimana komunikasi dalam tubuh organisasi terjadi. Dengan pengalamannya di berbagai perusahaan - baik itu nasional, multinasional, hingga BUMN - perlu ada regulasi yang detail dalam sistem kerja sehari-hari. Hal ini bisa tercapai apabila didukung dengan regulasi yang tepat dari pihak pemerintah. Orang Indonesia, kata Hotasi, cenderung mengabaikan persoalan detail ini. Penerapan KM menjadi salah satu andalan untuk mengisi kekurangan ini.

-------------------oOo---------------------


Tentang MAKE Study

MAKE (Most Admired Knowledge Enterprise) Study pertama kali diadakan adalah pada tahun 1998 oleh Teleos yang bekerjasama dengan KNOW Network. Teleos adalah sebuah badan penelitian mandiri di bidang knowledge management dan intellectual capital. Indonesian Most Admired Knowledge Enterpise (MAKE) Study merupakan studi tentang perusahaan berbasis pengetahuan yang paling dikagumi di Indonesia dan diselenggarakan oleh Dunamis Organization Services sejak tahun 2005. 3 (tiga) pemenang Indonesian MAKE dengan nilai agregat tertinggi akan mewakili Indonesia dalam ajang Asian MAKE.


Tentang Dunamis Organization Services:
Berdiri sejak tahun 1991, Dunamis Organization Services merupakan penyedia jasa professional dengan misi "enable greatness in people and organizations everywhere". Sejak 1992, Dunamis Organization Services menjadi mitra berlisensi dari Franklin Covey Co. (NYSE:FC), sebuah organisasi global yang memberikan jasa pelatihan dan konsultasi yang berada di 147 negara.

Franklin Covey Co. yang masuk dalam Top 20 Leadership Training Company oleh TrainingIndustry.com memiliki solusi Leadership Development, The 7 Habits, Strategy Execution dan Productivity. Portofolio klien Franklin Covey Co. mencakup 90 dari 100 perusahaan terdaftar dalam Fortune 100, lebih dari 75% perusahaan yang terdaftar dalam Fortune 500, ribuan perusahaan kecil dan menengah, serta lembaga pemerintahan.

Mulai tahun 2012, Dunamis Organization Services juga menjadi mitra berlisensi dari Vital Smarts yang berfokus pada high-leverage skills untuk meningkatkan kinerja organisasi. Solusi dari Vital Smarts meliputi Crucial Conversations, Influencer, Crucial Accountability dan Change Anything.


Di Indonesia, klien-klien Dunamis Organization Services meliputi berbagai sektor industri berskala multinasional, nasional hingga pemerintahan. Solusi-solusi Dunamis Organization Services meliputi Leadership & Trust, Productivity & Sales Performance, Execution, VitalSmarts Skills, Organizational Alignment (Knowledge Management, Corporate Culture, Research), Human Capital System dan Education.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Indonesian MAKE Study, silakan hubungi:
Asri Larasati Suryajaya
Corporate Communications
Dunamis Organization Services
T: 572 0761
Hp: 0812 814 6051
F: 572 0762
E: asri@dunamis.co.id
www.dunamis.co.id