Dunamis Logo
home > knowledge-center > press release > CHANGES IS INEVITABLE | GROWTH IS INTENTIONAL

CHANGES IS INEVITABLE | GROWTH IS INTENTIONAL

Wednesday, 12 March 2014

 

article photo

Oleh : Asri Larasati, Corporate Communications


Jakarta, 12 Maret 2014 - Pemilihan organisasi-organisasi yang dikagumi dalam pengelolaan knowledge management kembali digelar. Tahun ini, 2014 Indonesian Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) Study telah memasuki tahun ke-10 dalam sejarah pemilihan MAKE Study di Indonesia yang diselenggarakan oleh Dunamis Organizational Alignment.

Dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan kepedulian berbagai perusahaan untuk menerapkan knowledge management untuk menunjang bisnisnya. "Changes Is Inevitable | Growth Is Intentional" menjadi tema 2014 Indonesian Make Study kali ini. Dengan adanya ASEAN Free Trade pada tahun 2015 nanti, penerapan knowledge management menjadi keniscayaan bagi organisasi yang ingin bersaing di era perdagangan terbuka lintas negara.

Investor-investor asing, yang telah lama akrab dengan pengelolaan pengetahuan di organisasi mereka, memberikan tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis di dalam negeri.

MAKE Study dicetuskan pada awalnya oleh Teleos dari Inggris. Lembaga ini kemudian melakukan pengukuran komitmen organisasi-organisasi dalam pengelolaan pengetahuan. Di Indonesia, Dunamis sebagai pemegang lisensi MAKE Study, memberikan kesempatan bagi organisasi-organisasi di Indonesia untuk bersaing di tingkat global. Dari para nominator kali ini, akan terpilih organisasi-organisasi yang akan dipertaruhkan pada MAKE Study untuk tingkat Asia.


Penerapan Knowledge Management terbukti memberikan hasil signifikan. Para peneliti Indonesian MAKE Study melaporkan bahwa organisasi yang digerakkan oleh pengetahuan memiliki performa yang lebih baik. Rata-rata mereka memiliki performa 2:1 tahun dibandingkan dengan pesaing mereka. Artinya, organisasi berbasis pengetahuan bergerak satu tahun lebih cepat daripada organisasi biasa. KM membuat bisnis mereka berjalan lebih cepat.

-------------------oOo---------------------

Tentang MAKE Study
MAKE (Most Admired Knowledge Enterprise) Study pertama kali diadakan adalah pada tahun 1998 oleh Teleos yang bekerjasama dengan KNOW Network. Teleos adalah sebuah badan penelitian mandiri di bidang knowledge management dan intellectual capital. Indonesian Most Admired Knowledge Enterpise (MAKE) Study merupakan studi tentang perusahaan berbasis pengetahuan yang paling dikagumi di Indonesia dan diselenggarakan oleh Dunamis Organization Services sejak tahun 2005. 3 (tiga) pemenang Indonesian MAKE dengan nilai agregat tertinggi akan mewakili Indonesia dalam ajang Asian MAKE.


Tentang Dunamis Organization Services:
Berdiri sejak tahun 1991, Dunamis Organization Services merupakan penyedia jasa professional dengan misi "enable greatness in people and organizations everywhere". Sejak 1992, Dunamis Organization Services menjadi mitra berlisensi dari Franklin Covey Co. (NYSE:FC), sebuah organisasi global yang memberikan jasa pelatihan dan konsultasi yang berada di 147 negara.

Franklin Covey Co. yang masuk dalam Top 20 Leadership Training Company oleh TrainingIndustry.com memiliki solusi Leadership Development, The 7 Habits, Strategy Execution dan Productivity. Portofolio klien Franklin Covey Co. mencakup 90 dari 100 perusahaan terdaftar dalam Fortune 100, lebih dari 75% perusahaan yang terdaftar dalam Fortune 500, ribuan perusahaan kecil dan menengah, serta lembaga pemerintahan.


Mulai tahun 2012, Dunamis Organization Services juga menjadi mitra berlisensi dari Vital Smarts yang berfokus pada high-leverage skills untuk meningkatkan kinerja organisasi. Solusi dari Vital Smarts meliputi Crucial Conversations, Influencer, Crucial Accountability dan Change Anything.


Di Indonesia, klien-klien Dunamis Organization Services meliputi berbagai sektor industri berskala multinasional, nasional hingga pemerintahan. Solusi-solusi Dunamis Organization Services meliputi Leadership & Trust, Productivity & Sales Performance, Execution, VitalSmarts Skills, Organizational Alignment (Knowledge Management, Corporate Culture, Research), Human Capital System dan Education.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Indonesian MAKE Study, silakan hubungi:
Asri Larasati Suryajaya
Corporate Communications
Dunamis Organization Services
T: 572 0761
Hp: 0812 814 6051
F: 572 0762
E: asri@dunamis.co.id
www.dunamis.co.id