Dunamis Logo
home > knowledge-center > press release > Sekolah An-Nisaa' Raih Status Sekolah Lighthouse The Leader in Me

Sekolah An-Nisaa' Raih Status Sekolah Lighthouse The Leader in Me

Friday, 1 April 2016

 

article photo

Oleh : Asri Larasati, Corporate Communications


Sekolah An-Nisaa', salah satu sekolah di Bintaro Tangerang Selatan, hari ini mengukir sejarah dengan menjadi sekolah islam pertama di dunia yang menjadi Sekolah Lighthouse The Leader in Me. Proses The Leader in Me adalah suatu upaya secara sistematis dan terstruktur yang memunculkan kemampuan kepemimpinan dan mengembangkan keterampilan hidup siswa. Saat ini lebih dari 2500 sekolah di dunia menjalani proses The Leader in Me. Di Indonesia 25 sekolah juga sedang menjalani proses transformasi tersebut.

Proses transformasi di sekolah The Leader in Me berjalan selama 3 sampai 6 tahun karena melibatkan seluruh stakeholder sekolah meliputi manajemen sekolah, guru dan staf, siswa dan orang tua. Secara bersama-sama seluruh komponen ini mempelajari prinsip-prinsip kepemimpinan, membangun praktek-praktek dan budaya kepemimpinan serta meningkatkan pencapaian akademik siswa dengan mengembangkan kemampuan penetapan tujuan dan bagaimana mengeksekusi hal tersebut.

Sebuah sekolah The Leader in Me dapat menjadi sekolah Lighthouse apabila sekolah telah memenuhi 9 (Sembilan) kriteria yang menjadi indikator keberhasilan penerapan dan dampak yang dicapai. Ke-sembilan kriteria tersebut adalah:
1. Terbentuknya Lighthouse Team yang aktif di tingkat sekolah, siswa dan orang tua.
2. Integrasi pengajaran kepemimpinan.
3. Kepemimpinan Siswa.
4. Lingkungan Kepemimpinan.
5. Kerjasama dan keterlibatan guru dan staf.
6. Keterlibatan orang tua dan komunitas.
7. Kegiatan-kegiatan kepemimpinan tingkat kelas dan sekolah.
8. Monitoring sasaran-sasaran siswa, team/kelas dan sekolah.
9. Hasil-hasil yang terukur.

Seolah An-Nisaa' memulai penerapan The Leader in Me sejak awal tahun 2010. Dalam proses untuk mencapai sekolah Lighthouse ini, selama 6 (enam) bulan terakhir sekolah An-Nisaa' melakukan pembenahan dan penguatan implementasi The Leader in Me dengan lebih intensif melibatkan seluruh siswa, guru dan orang tua dengan pendampingan intensif tim konsultan Dunamis Education.

Pada tanggal 14 & 15 Maret 2016, telah dilakukan review akan pelaksanaan program The Leader in Me di Sekolah An-Nisaa' yaitu unit TK/KB dan SD. Reviewer dilakukan selama 1 hari penuh oleh tim dari FranklinCovey Amerika Serikat, Malaysia dan Indonesia.

Setelah dilakukan review final oleh tim FranklinCovey Education di Utah, Amerika Serikat., hari ini tanggal 1 April 2016, Lynne Fox dari FranklinCovey Education USA menyampaikan secara langsung hasil review Sekolah An-Nisaa' dan menyatakan unit KB/TK dan SD An-Nisaa' resmi mencapai status Lighthouse.

Andiral Purnomo, Head of Dunamis Education menyatakan bahwa penetapan Sekolah An-Nisaa' sebagai sekolah Lighthouse adalah pencapaian yang patut dibanggakan karena Sekolah An-Nisaa' menjadi sekolah Islam pertama di dunia yang mencapai status ini. "Kita patut memberikan apresiasi atas pencapain Sekolah An-Nisaa' ini karena sekolah ini akan menjadi benchmark dan model bagi sekolah-sekolah lain yang akan menerapkan The Leader in Me baik di Indonesia maupun dunia," Andiral menambahkan.

Saat ini 187 sekolah di dunia berhasil mencapai status Lighthouse. 3 diantaranya di Indonesia, 2 sekolah di Thailand, 1 sekolah di Taiwan, 1 sekolah di Malaysia, 2 sekolah di Australia, 5 sekolah Guatemala, 5 sekolah di Mexico dan 1 di Kolombia. Sekolah lain yang juga mencapai status ini berada di Amerika dan Kanada.

The Leader in Me merupakan program yang tepat untuk menanamkan prinsip-prinsip kepemimpinan dalam institusi pendidikan. Program ini telah terbukti di berbagai negara di berbagai sekolah unggulan. Di Indonesia, program The Leader in Me ditangani oleh Dunamis Education.


------ooOOoo-------



Tentang Dunamis Organization Services:
Berdiri sejak tahun 1991, Dunamis Organization Services merupakan perusahaan global yang berfokus pada peningkatan kinerja melalui pengembangan sumber daya manusia dan sistem. Dunamis membantu organisasi mencapai hasil dimana perubahan perilaku manusia dibutuhkan. Misi Dunamis adalah "enable greatness in people and organizations everywhere."

Pada tahun 1992, Dunamis Organization Services menjadi mitra berlisensi dari Franklin Covey Co. (NYSE:FC), sebuah organisasi global yang memberikan jasa pelatihan dan konsultasi dalam bidang kepemimpinan, strategi eksekusi dan efektifitas individu yang berada di 147 negara.

Mulai tahun 2012, Dunamis Organization Services juga menjadi mitra berlisensi dari Vital Smarts yang berfokus pada high-leverage skills untuk meningkatkan kinerja organisasi.

Di Indonesia, klien-klien Dunamis Organization Services meliputi berbagai sektor industri berskala multinasional, nasional hingga pemerintahan. Solusi-solusi Dunamis Organization Services meliputi 7 area yaitu: Leadership & Trust, Productivity & Sales Performance, Execution, VitalSmarts Skills, Organizational Alignment (Diagnostic, Knowledge Management & Corporate Culture), Human Capital System dan Education.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program The Leader in Me & Dunamis Organization Services, silakan hubungi:
Asri Larasati Suryajaya
Corporate Communications
Dunamis Organization Services
T: 572 0761
Hp: 0812 814 6051
F: 572 0762
E: asri@dunamis.co.id
www.dunamis.co.id