Dunamis Logo
home > knowledge-center > press release > Trust Sebagai Penggerak Keberhasilan Organisasi - Kunjungan Stephen M.R. Covey, Pembicara Internasional dan Penulis Buku Laris Speed of Trust & Smart Trust, Ke Indonesia

Trust Sebagai Penggerak Keberhasilan Organisasi - Kunjungan Stephen M.R. Covey, Pembicara Internasional dan Penulis Buku Laris Speed of Trust & Smart Trust, Ke Indonesia

Friday, 22 July 2016

 

article photo

Oleh : Asri Larasati, Corporate Communications, Dunamis Organization Services


Jakarta, 22 Juli 2016 - "He who does not trust enough, will not be trusted", ungkapan dari Lao Tzu tersebut disampaikan oleh Stephen M.R. Covey, pembicara internasional yang juga penulis buku laris versi New York Times, Speed of Trust dan Smart Trust, dalam Dunamis Executive Breakfast pagi ini, 22 Juli 2016.

Dalam rangkaian perayaan 25 (dua puluh lima) tahun keberadaan Dunamis Organization Services di Indonesia, Dunamis mengundangn Stephen M.R. Covey hadir ke Indonesia. Pagi ini, dalam Dunamis Executive Breakfast yang dihadiri eksekutif dari berbagai industri di Indonesia ini, Stephen berbagi mengenai peran trust di organisasi. Trust tidak hanya memiliki efek sosial namun juga berdampak pada finansial. Bila trust naik, maka speed akan meningkat dan cost akan mengalami turun.

"Bila kita bekerja dalam satu lingkungan yang saling mempercayai satu sama lain, maka kita akan menggandakan hasil dari setiap usaha yang kita telah lakukan. Kita akan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik. Tanpa adanya kepercayaan, maka orang tidak berani untuk mengambil resiko, tidak berani mencoba hal baru bahkan tidak akan berinovasi," demikan ditambahkan Stephen.

Secara gamblang, Stephen M.R. Covey juga menjelaskan bahwa kepercayaan dapat dipelajari dan bagaimana framework yang dimiliki oleh FranklinCovey dan Dunamis akan membantu organisasi dalam pengimplemtasiannya di kegiatan sehari-hari.

Dalam kunjungannya ke Indonesia kali ini, Stephen M.R. Covey juga melakukan sharing session di dua (2) organisasi yaitu Otoritas Jasa Keungan (OJK) dan BPJS Kesehatan.
Dalam Leadership & Change Sharing Forum yang diselenggarakan oleh OJK dengan tema "Building a Trusted Industry: A Ripple Print of Industry Individuals", Ketua Dewan Komisaris OJK Bp Muliaman Hadad menyampaikan 3 Pilar Master Plan Keuangan Indonesia 2015-2019 yaitu:

1. Industri yang mampu membangun kekuatan sendiri,
2. Industri yang dapat memberikan kontribusi, dan
3. Industri keuangan yang lebih inklusif.

Menyambung hal ini, Stephen M.R. Covey menyampaikan bahwa dalam membangun ketiga pilar tersebut, trust memegang peranan penting. Bagaimana setiap institusi dapat mulai membangun kepercayaan mulai dari individu, tim, organisasi yang akhirnya akan membentuk kepercayaan dalam industri.
Selain dihadiri kalangan internal OJK, sesi ini juga dihadiri oleh para top level manajemen dari kalangan industri finansial Indonesia.

Sementara itu, dalam sesi bersama tim eksekutif BPJS Kesehatan yang juga dihadiri oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan Bp Fachmi Idris, Stephen M.R. Covey berbicara mengenai "Trust as Business Driver". 1000 hari pertama proses transformasi sudah dilewati oleh BPJS Kesehatan. Agar dapat terus berkembang dan melewati hari - hari ke depan, BPJS Kesehatan perlu membangun trust culture. Bagaimana membangun kepercayaan dengan seluruh stakeholder, mulai dari karyawan, masyarakat, dokter, petugas kesehatan, rumah sakit dan lain-lain. "Trust akan menjadi business driver bagi organisasi, mesin yang akan membantu transformasi di BPJS," ungkap Stephen.

"Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan berkaitan dengan mengembangkan kepercayaan di organisasi adalah kita tidak hanya berkewajiban untuk membangun kepercayaan, namun juga bagaimana menjaga dan mempertahankan kepercayaan yang telah kita dapatkan,"demikian Stephen M.R. Covey ungkapkan saat mengakhiri sesi yang dilakukannya di Indonesia kali ini.




------------------oOo---------------------

Tentang Dunamis Organization Services:
Berdiri sejak tahun 1991, Dunamis Organization Services merupakan perusahaan global yang berfokus pada peningkatan kinerja melalui pengembangan sumber daya manusia dan sistem. Dunamis membantu organisasi mencapai hasil dimana perubahan perilaku manusia dibutuhkan. Misi Dunamis adalah "enable greatness in people and organizations everywhere."

Pada tahun 1992, Dunamis Organization Services menjadi mitra berlisensi dari Franklin Covey Co. (NYSE:FC), sebuah organisasi global yang memberikan jasa pelatihan dan konsultasi dalam bidang kepemimpinan, strategi eksekusi dan efektifitas individu yang berada di 147 negara.

Mulai tahun 2012, Dunamis Organization Services juga menjadi mitra berlisensi dari Vital Smarts yang berfokus pada high-leverage skills untuk meningkatkan kinerja organisasi.

Di Indonesia, klien-klien Dunamis Organization Services meliputi berbagai sektor industri berskala multinasional, nasional hingga pemerintahan. Solusi-solusi Dunamis Organization Services meliputi 7 area yaitu: Leadership & Trust, Productivity & Sales Performance, Execution, VitalSmarts Skills, Organizational Alignment (Diagnostic, Knowledge Management & Corporate Culture), Human Capital System dan Education.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Buku Speed of Trust edisi Bahasa Indonesia dan program Leading at the Speed of Trust, silakan hubungi:
Asri Larasati Suryajaya
Corporate Communications
Dunamis Organization Services
T: 572 0761
Hp: 0812 814 6051
F: 572 0762
E: asri@dunamis.co.id
www.dunamis.co.id