Dunamis Logo
home > knowledge-center > press release > STUDI TENTANG ORGANISASI BERBASIS PENGETAHUAN YANG PALING DIKAGUMI DI INDONESIA (MAKE STUDY) KEMBALI DISELENGGARAKAN

STUDI TENTANG ORGANISASI BERBASIS PENGETAHUAN YANG PALING DIKAGUMI DI INDONESIA (MAKE STUDY) KEMBALI DISELENGGARAKAN

Wednesday, 27 February 2008

 

article photo

Oleh : Asri Larasati, Corporate Communication Dunamis Organization services


Wednesday, 27 February 2008 - Jakarta - Indonesian Most Admired Knowledge Enterpise (MAKE) Study - studi tentang perusahaan berbasis pengetahuan yang paling dikagumi di Indonesia kembali diselenggarakan oleh Dunamis Organization Services tahun 2008 ini. Sukes penyelenggaraan MAKE sejak tahun 2005 mendorong Dunamis kembali menyelenggarakan studi tersebut. MAKE dilakukan untuk memilih organisasi-organisasi berbasis pengetahuan paling dikagumi di Indonesia dan bertujuan untuk mengukur komitmen dan kematangan organisasi dalam pembelajaran pengetahuan. 3 (tiga) pemenang Indonesian MAKE dengan nilai agregat tertinggi akan mewakili Indonesia dalam ajang Asian MAKE. 2 organisasi di Indonesia bahkan berhasil menjadi salah satu pemenang Asian MAKE, yaitu, Unilever Indonesia (2005 & 2006) dan Astra Internasional (2007).

Manfaat adanya MAKE bagi organisasi-organisasi adalah mereka mampu melakukan benchmark seberapa sukses mereka dalam hal knowledge strategy jika dibandingkan dengan para pesaingnya atau perusahaan-perusahaan dunia yang knowledge-driven. MAKE mendorong para pemimpin organisasi bisnis dan organisasi nirlaba dalam hal menciptakan intellectual capital dan kekayaan pemegang saham atau kemaslahatan pihak-pihak berkepentingan (stakeholders).

Proses awal 2008 Indonesian MAKE Study diawali hari ini, Rabu 27 Februari 2008 dalam event 2008 Knowledge Sharing and Indonesian MAKE Nominations. Proses dimulai dengan nominasi, dimana organisasi-organisasi atau individu yang menghadiri 2008 Indonesian MAKE Nomination berhak menominasikan organisasi lain yang dikaguminya dalam hal knowledge management untuk menjadi nominee. Nominasi juga dilakukan oleh para panelis yang terdiri dari para pemimpin organisasi terkemuka dan individu yang memahami knowledge management. (Proses pelaksanaan 2008 Indonesian MAKE Study terlampir)

Dalam 2008 Knowledge Sharing and Indonesian MAKE Nominations kali ini, hadir dengan tema "Creating Knowledge Enterprise based on Human Capital." Hadir sebagai pembicara Bp Paulus Bambang W - Vice President Director United Tractor dengan topik bahasan "UT Human Capital Management System as a Building Block of Knowledge Enterprise" dan Bp Alex Denni - Associate Partner Dunamis Organization Services dengan topik bahasan "The Next Challenge of Human Capital in the Knowledge Era - How do you Align your Reward System".

United Tractor merupakan salah satu pemenang 2007 Indonesian MAKE Award. United Tractor menonjol pada kriteria 1 MAKE yaitu creating an enterprise knowledge-driven culture dan kriteria 7 yaitu delivering value based on customer knowledge.

Dengan menyelenggarakan Studi MAKE di Indonesia, Dunamis berharap dapat melakukan penilaian tentang komitmen dan kematangan strategi pengetahuan yang dimiliki perusahaan. Semangat yang mendasarinya menurut Nugroho Supangat - Managing Partner Dunamis adalah "Menjadikan Indonesia sebagai bangsa berpengetahuan dengan menjadikan perusahaan-perusahaan kita sebagai organisasi-organisasi berpengetahuan."